Jumat, 17 November 2017

muhasabah

baik mari kita mulai....
Sekarang...!
Tarik nafas yang dalam, Tahan sejenak.
hembuskan secara perlahan dari mulut..... ucapkan dalam hati Rileks.

Rasakan disetiap tarikan nafas ada energi  yang mengaliri setiap mili aliran darahmu, membawa ketenangan dan perasaan yang saaaaangat nyaman.
Baik, pertahankan konsentrasi dan pikiranmu,  tetap fokus mengamati setiap sensasi yang terjadi dalam tubuhmu.
Tarik nafas yang dalaaaaam..............,tahan sejenak
hembuskan secara perlahan dari mulut.Rilekssss.
rasakan disetiap hembusan nafas, mengalir keluar setiap keluh kesah yang tersimpan dalam pikiran dan benakmu,
 beban mental emosi negatif yang menyesakkan dada melebur hilang, relung dada menjadi terasa sangaaatttt ringan. plooong.

Sekali lagi, Tarik nafas yang sangat dalam, tahan beberapa saat, lebih lama dari sebelumnya......
Dan hembuskan secara perlahan, nikmati.........!

Pada titik ini, fokuskan pikiran dan konsentraimu pada setiap tarikan dan hembusan nafas, biarkan mengalir sebagaimana mestinya, nikmati setiap tarikan dan hembusan nafasnya.......
semakin melambat dan santai......

Selanjutnya, kita akan  menguji seberapa besar kemampuan imajinasi kita
Saya penasaran, apakah anda termasuk orang-orang yang bisa mengikuti setiap instruksi dengan baik.
Fokus pada diri anda sendiri, dan tetap konsentrasi
amati kondisi disekeliling anda, bagaimana hembusan udaranya, semilir angin yang menerpa permukaan kulit anda. keriuhan orang-orang disekeliling anda.

bayangkan dengan jelas setiap detil kondisi yang terjadi di sekitar anda. munculkan gambarnya semakin jelas dan terasa nyata.
Sekarang bayangkan tubuh anda menjadi seringan kapas, yang mudah terhempas dan terombang-ambing oleh semilir angin.
semakin kencang angin yang menerpa, semakin tinggi pula anda terhempas.

diketinggian tersebut, betapa nikmatnya terbang tinggi diatas awan, menyelami betapa lembutnya teksstur awan yang membelai tubuh anda.


Dan....
To be continue....



Take a positive

_*MERUBAH CARA BERFIKIR*_

Ubahlah cara berpikirmu maka Nasibmu akan segera berubah.

******
Seorang murid bertanya pada gurunya;

"Guru kenapa ya hidup ini selalu banyak masalah?"

Guru:  "Bukan hidup yang banyak masalah tapi pikiranmulah yang bermasalah...?" 

"Kamu selalu berprasangka buruk pada apa saja dan siapa saja, itulah sebenarnya masalahnya"

Murid: "Tapi faktanya aku selalu mendapat masalah dalam hidupku"

Guru:  " Ya itu karena pikiranmu bermasalah",  Setiap kejadian dalam hidup itu netral pikiran kamulah yang menilai itu "bermasalah" atau "menguntungkan".

Murid : "Maksudnya?"

Guru :  "Misalnya apakah Hujan itu bermasalah atau malah menguntungkan".

Murid : "Bagiku bermasalah, karena kalau aku naik motor dan lupa bawa jas hujan pasti basah kuyup"

Guru :  "Lantas kalau hujan bagi tukang Baso dan Tukang Payung apakah itu bermasalah?"

Murid : " Tentu saja tidak", bagi mereka malah menguntungkan.

Guru :  "yang jadi masalah Hujannya atau orangnya...?

Ingatlah selalu

Ketika kita selalu berprasangka baik/Husnudzon maka hal-hal baiklah yang akan kita jumpai di sepanjang waktu kehidupan kita.

dan ketika kita selalu berprasangka buruk/Suudzon maka hal-hal buruklah yang akan selalu kita jumpai setiap hari.

Jadi jangan mengeluh jika kita termasuk orang-orang yang selalu merasakan pengalaman yang negatif dan tidak menyenangkan di sepanjang hidup kita.

Karena kita dan pikiran kita sendirilah penyebabnya.

Bisa jadi ketika kamu membaca tulisan ini sebenarnya Tuhan sedang mencoba membantu kamu untuk memperbaiki cara berpikirmu, agar hidupmu tidak selalu dirundung masalah.

Jadi mari kita ubah cara berpikir kita saat ini juga agar kita tidak lagi menjumpai pengalaman negatif dan tidak menyenangkan. 

Nah sekarang mari kita cek cara berpikir  kita masing2 yang tercermin dari komentar-komentar kita setiap hari :

1.  Melihat rekan kerjanya naik jabatan
*Orang postif :*
Saya akan belajar dari dia.
*Orang negatif:*
Pasti dia  pinter banget cari muka

2.  Melihat orang pergi Haji
*Orang positif :?*
Ya Allah semoga kelak aku bisa seperti dia
*Orang negatif:*
Hajinya paling cuma buat pamer-pamer doang.

3. Membaca status di WA/FA
*Orang Positif :* terimakasih untuk infonya izin share ya
*Orang negatif:*
 ah infonya basi saya sudah pernah baca kok

4. Membaca status humor di WA/FB
*Orang positif:* terimakasih telah bisa membuat saya tersenyum pagi ini
*Orang negatif:* Garing ! gak lucu !

5.  Turun Hujan
*Orang Positif :* Alhamdullilah udaranya jadi sejuk
*Orang Negatif :*
Ah kalo pas lagi perlu terang malah hujan, Dasar Sial !!

6.  Dapat Gaji
*Orang positif :*  Alhamdullilah bisa buat bayar-bayar kebutuhan
*Orang Negatif:* Percuma gajian juga gak cukup buat bayar2 kebutuhan

7.  Punya Suami baik
*Orang Positif :* Alhamdullilah meskipun gajinya tidak besar tapi suamiku baik dan penuh perhatian.
*Orang negatif :* Percuma punya suami baik, kalo gak bisa cukupin kebutuhan rumah tangga.

8. Melihat orang berpakaian Sederhana
*Orang positif :*
 duh dia orang yang sederhana sekali ya meskipun pejabat.
*Orang Negatif:* Pejabat Tinggi  tapi penampilannya kok kampungan gitu sih.

9. Punya Motor
*Orang Negatif :*
Begini neh kalo naek motor,  kalo pas ujan basah kuyup gak kayak orang yang punya mobil.

*Orang Positif:* Alhamdullilah punya motor, enaknya naik motor itu kalo pas panas gak kehujanan dan kalo pas hujan gak kepanasan.

10. Membaca postingan ini
*Orang Positif:* Terimakasih sudah diingatkan, mohon izin sharing ya biar manfaat bagi yang lain.

*Orang Negatif:* 
"Gak mau baca" karena dianggap menyindir dan menyinggung atau terlalu kasar.

Tipe yang manakah kita....? 
akan menentukan nasib kita.

*Mau ubah nasib ?*
*Segera ubah cara berpikir kita dan komentar kita setiap hari.*

di tulis dari pengalaman pribadi setiap hari bertemu dengan orang-orang berpikir positif dan negatif.

*Dari Sahabat*😊🙏🏼

Selasa, 07 November 2017

RIZKI

*REZEKI....*

*Dulu  saya pikir sholat dhuha dan membaca zikir itu pembuka pintu rezeki, dan dulu juga saya pikir, Rezeki/Rizki itu berwujud uang, Gaji yg besar, banyak order, banyak job, urusan kerjaan lancar, banyak tabungan di Bank,* *punya banyak asset*
*Seperti : Kendaraan,* *Properti disana-sini, dll*
_*Intinya : Harta...*_

*Setelah mencari tau apa makna Rezeki / Rizqi dalam Islam (sesuai yg tertera dalam Alquran dan hadits), ternyata saya salah besar...*

*Ternyata,*
*🍁 langkah kaki yg dimudahkan untuk hadir ke majelis ilmu, itu adalah rizqi.*

*🍁 langkah kaki yg dimudahkan untuk shalat berjamaah di masjid, adalah rizqi.*

*🍁 hati yg Allah jaga jauh dari iri, dengki, dan kebencian, adalah rizqi.*

*🍁 punya temen2 yang sholeh dan saling mengingatkan dalam kebaikan, itu juga rizqi.*

*🍁 saat keadaan sulit penuh keterbatasan, itu juga rizqi. Mungkin jika dalam keadaan sebaliknya, justru membuat kita kufur, sombong, angkuh bahkan lupa diri.*

*🍁 punya orang tua yang sakit2an,ternyata itu adalah rizqi, karena merupakan ladang amal pembuka pintu surga bila Kita tulus Ikhlas mengurusnya.*

*🍁 Tubuh yang sehat, adalah rizqi. Bahkan saat diuji dengan sakit, itu juga bentuk lain dari rizqi karena sakit adalah penggugur dosa.*

*🍁 dan mungkin akan ada jutaan list lainnya bentuk2 rizqi yang kita tidak sadari...*

*Suami Istri dan anak2 Sehat itu Rizki, anak-anak Anda sekolahnya lancar itu Rizki, hidup Rukun sama Tetangga itu Rizki..
*Justru yang harus kita waspadai adalah ketika hidup kita berkecukupan, penuh dengan kemudahan dan kebahagiaan, padahal begitu *banyak hak Allah yang belum mampu atau tidak kita tunaikan...* 😔

_*Mari sebarkan kebaikan dan nikmati Rizqi + Rizqi yg Allah amanahkan Kepada Kita*_

 *ۚ ï»­َﻣَﺎ ٱﻟْﺤَï»´َï»®ٰﺓُ ٱﻟﺪُّﻧْï»´َﺎٓ ﺇِï»»َّ ﻣَﺘَٰﻊُ ٱﻟْﻐُﺮُﻭﺭِ*

*... Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.*

Minggu, 05 November 2017

Semakin & semakin

💧Semakin bertambah usia semakin lemah tangan menggenggam..karena Allah sedang mendidik kita agar melepaskan cinta dunia.
                   *(Qs.Hud : 15-16)*

 ðŸ’§   Semakin bertambah usia semakin kabur mata kita... Karena Allah sedang menCerahkan mata hati untuk  melihat Akhirat.
                     *(Qs.Al Isra:72)*

 ðŸ’§  Semakin bertambah usia semakin sensitif perasaan kita.... karena Allah sedang mengajarkan bahwa pautan hati dengan makhluk senantiasa menghampakan.. namun hati yang berpaut kepada Allah, tiada pernah meNgecewakan.
            *(Qs.Al Lukman : 22)*

 ðŸ’§  Semakin bertambah usia semakin gugur gigi-gigi kita....karena Allah sedang mengingatkan bahwa suatu hari kita akan gugur kedalam Tanah selamanya.
             *(Qs.Ali Imran : 145)* 

 ðŸ’§  Semakin bertambah usia semakin ditarik Nikmat kekuatan Tulang & Sendi kita....karena Allah sedang mengingatkan bahwa tak lama lagi Nyawanya akan di ambil...
                 *(Qs.An Nisa : 78)*

 ðŸ’§  Semakin bertambah usia semakin putih rambut kita....karena Allah sedang ingatkan kain kafan yang putih.
            *(Qs.Ali Imran : 185)*

 ðŸ’§  Begitu juga Hati kita...semakin bertambah usia semakin sepi dan ingin bersendirian...karena Allah sedang mendidik kita untuk melepaskan cinta manusia dan dunia...
                *(Qs.Al-An'am : 32)*